Menulis untuk LKTI/M(2)

27Oct08

Tulisan ini menyambung tulisan yang pertama tentang karya tulis ilmiah (atau bisa juga disebut KTM:M adalah mahasiswa). Saya perlu menambahkan di sini bahwa yang dimaksud karya tulis tidak selalu harus menyelesaikan suatu permasalahan. Tapi boleh juga, hanya membahas sesuatu problem dari sisi yang lain. Jadi kesimpulan KTI itu nantinya tidak harus selalu solusi. Bisa juga hanya analisis-sintesis, yang menghasilkan kesimpulan berbeda dari yang umum/atau tertentu.

Okey setelah punya ide, atau paling tidak angan-angan tentang apa yang ditulis, segera bikin semacam konsep. Membuat konsep ini tidak sama pada masing-masing pribadi, atau dalam bahasa lain setiap pribadi punya cara sendiri dari mana ia memulai mengkonsep sesuatu, dan dengan cara bagaimana. Kalo saya akan memulai dengan brain storming- mind maping. Saya menulis saja semua yang keluar dari kepala saya tanpa harus diseleksi kelayakannya. Tanpa harus berpikir dulu apa ide itu layak atau tidak layak. Setelah itu baru ditata ulang berdasarkan setruktur logis (struktur yang kira-kira mudah dipahami pembaca). Dalam bidang science (non fiksi) umumnya struktur ini sangatlah baku. Biasanya berbeda style sedikit saja.

Struktur adalah urutan kita melogikakan sesuatu, bisa juga disebut sebagai rangkaian cara pikir. Umumnya rangkaian itu adalah konsekuensi hukum sebab-akibat. Setruktur berfungsi untuk memudahkan pembaca mengikuti alur pikiran penulis.

Struktur yang umum digunakan di KTI adalah: permasalahan, metode, dan penyelesaian. Dikembangkan menjadi struktur yang lebih lengkap seperti di bawah ini.

Pendahuluan: seperti summary di bagian awal, biasanya hanya sedikit menyebutkan hasil. ini adalah semacam pintu masuk pada sebuah karya tulis.

Latar belakang: menghantarkan pembaca pada subjek/masalah yang kita coba pecahkan atau analisis.

Permasalahan: ini adalah formulasi masalah yang ingin dipecahkan. Permasalahan ini biasanya di break down secara spesifik menjadi tujuan penulisan yang dipisahkan salam sub-bab yang disebut Tujuan

Literatur review (studi pustaka): menyangkut tentang sesuatu studi, atau karya lain yang sudah pernah dilakukan oleh orang lain pada masalah yang sama. Termasuk kelemahan dan kelebihan pada penelitian, atau analisis terdahulu.

Metode: Ini adalah pendekatan kita untuk menyelesaikan masalah. Dalam hal ini bisa juga metode baku seperti statistika, ekperimen, sampling, kalkulasi atau etc.

Hasil dan analisis: di sinilah, di bab ini seorang penulis KTI menuliskan hasil dari telaah, menyampaikan gagasannya berkait dengan masalah yang disampaikan di muka. (note: bisa juga disebut diskusi)

Kesimpulan dan saran: kesimpulan itu semacam pernyataan pendek tentang apa yang kita bahas di bagian analisis dan diskusi. Sedangkan saran tidak berarti adalah saran secara mutlak, melainkan semacam memberikan clue kepada pembaca akan suatu kemungkinan lain untuk melanjutkan atau mengembangkan, atau meneliti lagi pada problem yang sama.

Jadi, itulah struktur. Maka akan ketemu suatu rangkain logika, cara berpikir penulis melalui tahap-tahap itu. Struktur biasanya berbeda sedikit saja. Jadi lebih tepatnya, bila ingin mengikuti lomba ikuti format yang sudah ditentukan oleh penyelenggara.

Tambahan lain yang sangat penting, adalah bahasa dan ketrampilan berbahasa. Tujuannya tidak lain adalah agar pembaca menangkap apa yang penulis maksudkan. Berbahasa dalam hal ini hampir setara dengan berlogika. Khusus dalam KTI, Kalau bahasanya jelek atau mbulet. Bisa dicurigai seorang penulis tidak paham akan masalah yang ditulis. Lain dengan bahasa blog yang sangat bisa informal.

Di situlah pentingnya seorang yang ingin menulis KTI belajar bahasa dengan baik. Belajar bahasa di sini adalah menguasai penggunaan kata, tata bahasa, dan penyusunan paragraf. Singkatnya seseorang yang tidak berbahasa tulisan dengan baik akan kesulitan menghasilkan karya tulis ilmiah yang baik (tentu saja). So selain berusaha menemukan ide yang canggih🙂, belajar bahasa Indonesia lagi sangatlah dianjurkan.

Semoga berguna! Good luck!

w…



No Responses Yet to “Menulis untuk LKTI/M(2)”

  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: